.
Dealer Resmi Isuzu

Monday, June 6, 2016

Wisata Pulau Rinca di Nusa Tenggara Timur

Wisata Pulau Rinca di Nusa Tenggara Timur
Wisata Pulau Rinca di Nusa Tenggara Timur
Umumnya wisatawan lebih memilih Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. Selain lebih mudah menemui komodo, karena luas pulaunya lebih kecil, untuk mencapai Rinca hanya butuh 2 jam dengan boat, sedangkan ke Pulau Komodo 3-4 jam.

Dermaga: Tempat berlabuhnya berbagai kapal local maupun asing, jangan kaget jika disambut oleh komodo yang memang berkeliaran bebas, dengan panjang 2 m.
Pos jaga/konservasi: Sekitar 0,5 km dari gerbang dermaga. Membayar tiket masuk, bagi wartawan/media/peneliti yang besarnya berbeda dengan tiket pengunjung umum. Tiket meliputi: karcis masuk kendaraan air Rp 4.000, tourism fee for conservation Rp 10.000, tanda masuk obyek wisata Pemkab Manggarai Barat Rp 10.000, karcis masuk pengunjung Rp 2.000, totalnya Rp 22.000.
Ranger: Setelah membayar tiket, ranger (pawang komodo) akan memandu menuju bukit. Ranger selalu bersenjatakan sebatang tongkat kayu berbentuk huruf Y. Jika terjadi komodo menyerang tiba-tiba, tongkat ini dipakai untuk menahan leher komodo, dan biasanya komodo akan berhenti menyerang.
Dapur: Rumah panggung berbahan kayu/papan dengan fasilitas soal sel sebagai pembangkit listrik. Di bawah dapur terdapat 6 ekor komodo dewasa berukuran lebih dari 2 m. pada pagi hari setelah pukul 08.00, komodo terlihat malas bergerak. Menurut ranger, sikap ini adalah sikap kamuflase, sebenarnya dalam keadaan siap menyerang jika mencium stimulus bau darah/amis atau hewan lain seperti kambing, rusa, babi, kerbau, sapi atau ikan.

Perjalanan Rute 1 Jam: Menyusuri jalan hutan konservasi, yang dijaga keaslian alamnya bagi habitat komodo. Beberapa komodo melintas umumnya berusia dibawah 2 tahun. Anda akan menjumpai anak komodo berjalan di semak hutan ini, karena bayi komodo setelah dilahirkan hidup diatas pohon untuk menghindar kanibalisme induk komodo. Sarang Komodo: Tempat komodo bertelur dan mengerami telurnya, berdiameter lubang mencapai 1 m dan diberi tanda tali biru security line.
Kantin: Pada akhir rute perjalanan, terdapat tempat beristirahat pengunjung yang memiliki counter souvenir patung kayu komodo. Di tempat ini juga menyediakan makanan minuman kecil. Dekat kantin terdapat display tengkorak aneka jenis hewan korban yang dimakan komodo, mulai dari kepala kerbau, sapi, babi hingga monyet.

Wisata Pulau Rinca di Nusa Tenggara Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BacaAku

0 komentar:

Post a Comment