.
Dealer Resmi Isuzu

Saturday, June 4, 2016

Wisata Kebun Raya Bedugul di Bali

Jauh di pegunungan tepatnya di dataran tinggi tepat di jantung pulau Bali dimana banyak tempat wisata alam nan indah seperti danau beratan, pura ulun danu beratan, danau buyan dan danau tamblingan. jika anda memutuskan untuk datang ke daerah ini sebagai salah satu tempat wisata di bali maka anda tidak akan kecewa, dan waktu sehari tidak akan cukup untuk menikmati semua tempat wisata di bedugul, apalagi selain di daerah bedugul juga terdapat beberapa air terjun indah yang hanya berjarak beberapa kilometer saja. Tapi kali ini saya akan membahas tentang Kebun raya Bedugul atau Bali Botanical Garden dimana tempat ini sebagai salah satu tujuan utama wisata orang Bali.
Lokasi
Kebun Raya Bedugul berada di ketinggian 1450 meter di atas permukaan laut, berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Denpasar. Untuk mencapainyapun tidaklah sulit, sesampai anda di Bedugul ada sebuah tugu jagung maka disanalah jalan masuk menuju kebun raya. [Lihat Peta]
Tips dan Informasi.
Saya sarankan untuk datang menggunakan kendaraan roda empat karena kendaraan roda dua tidak diperkenankan untuk memasuki lokasi Kebun Raya Bedugul dan harus diparkirkan di luar wilayah kebun raya. bisa dibayangkan jika anda harus berjalan kaki mengeksplore 50 hektar tempat ini, tentu itu akan menjadi hal yang melelahkan, tapi jika anda punya waktu seharian rasa lelah berjalan kaki tidak akan terasa karena semua hal di kebun raya ini benar-benar indah. untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar 7000 rupiah per orang untuk domestik dan 18,000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. kendaraan roda empat dikenakan biaya 12,000 untuk masuk dan 3000 rupiah untuk parkir roda dua.

Tentang Kebun Raya Bedugul.

Kebun Raya Bedugul di dirikan pada tahun 1955 atas gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo dengan tujuan sebagai bentuk adanya Kebun raya lain di luar pulau jawa. Selain itu kebun raya ini ditujukan sebagai wadah konservasi flora dan tempat rekreasi. Kebun Raya Bedugul memiliki luas sekitar 50 hektar dengan 2000 lebih spesies flora yang beberapa diantaranya adalah tumbuhan langka. Dengan berjalannya waktu kemudian kebun raya ini menjadi salah satu objek wisata favorit untuk berwisata terutama di Bali karena selain sebagai tempat piknik juga sebagai sarana edukasi untuk masyarakat luas tentang flora.
Karena areanya yang sangat luas Kebun raya Bedugul memiliki tempat lapang dengan padang rumput yang di tata dengan rapi serta fasilitas pendukung yang lengkap, tidak heran jika pada saat hari libur, kebun raya ini dipadati oleh pengujung yang sebagain besar bersama keluarga untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Adapun kebun raya ini dibagi menjadi beberapa kategori lokasi menurut spesies flora dan tempat rekreasinya.

Rumah Kaca Kebun Kaktus

Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di daerah dengan iklim panas, namun kaktus dapat tumbuh di kebun raya yang berhawa sejuk, ini karena dibuatkan semacam rumah kaca untuk memanipulasi iklim menjadi lebih hangat. di rumah kaca ini terdapat sekitar 68 jenis kaktus.

Taman Anggrek

Mungkin taman inilah salah satu favorit wisatawan untuk datang ke kebun raya bedugul, memiliki lebih dari 300 jenis anggrek dengan penataan apik disertai beberapa kolam air yang ditempatkan di beberapa sudut menjadikan taman ini terlihat lebih sempurna oleh warna-warni bunga angrek. selain anggrek, di taman ini juga terdapat beberapa jenis tumbuhan paku.


Taman Air

Tepat disebelah rumah kaca kebun kaktus terdapat sebuah taman air dengan beberapa kolam yang ditumbuhi berbagai jenis teratai dan juga ikan-ikan berenang kesana kemari.

Taman Begonia

Taman Begonia Kebun Raya Begudul diisi oleh sebagian besar tanaman yang berasal dari luar negeri dan juga beberapa spesies tamanan langka. Di bangun disebuah bangunan tertutup untuk menjaga iklim seperti di tempat asalnya. Tanaman begonia di kebun raya ini adalah satu yang terlengkap di Indonesia.

Taman Mawar

Tidak jauh dari taman begonia terdapat sebuah taman mawar yang ditumbuhi oleh beberapa jenis mawar warna-warni nan indah. di taman ini juga pengunjung banyak menghabiskan waktu untuk berfoto.

Hutan Buatan

Hampir seperempat wilayah kebun raya bedugul adalah hutan buatan. dan karena telah dibangun dari tahun 1955 maka hutan buatan ini terlihat seperti hutan hujan tropis yang sangat lebar namun tetap dapat di akses. di hutan buatan ini juga digunakan sebagai lokasi favorit untuk preweding karena suasananya yang memukau.

Pemandangan Danau.

Pada sudut belakang kebun raya bedugul terdapatlah sebuah bukit dimana pemandangannya langsung tertuju ke danau beratan. memandang danu beratan dari sudut ini benar-benar sangat indah. anda bisa memilih tempat ini sebagai lokasi terbaik.

Dan itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang Kebun raya bedugul, jika anda berkunjung ke begudul untuk berlibur datanglah ke kebun raya ini. Selamat Liburan dan Enjoy Bali.

Wisata Kebun Raya Bedugul di Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BacaAku

0 komentar:

Post a Comment